Rabu, 30 Desember 2015

Kapan Waktu Bekam ?

Ibnu Sina di dalam kitabnya “Al Qanun fii Thibb” membahas mengenai waktu yang paling baik untuk berbekam yaitu pada waktu tengah hari (jam 2-3 sore) karena pada waktu itu saluran darah sedang mengembang dan darah-darah yang mengandung toksid sangat sesuai untuk dikeluarkan.

Jadi mengikuti prinsip  yang sama kita dapat mengistirahatkan selama 15 menit dan mulai berbekam. Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra, Nabi Muhammad SAW bersabda “ Barang Siapa berbekam pada tanggal 17, 19, 21 bulan Hijriah maka itu adalah hari-hari yang menyembuhkan segala macam penyakit”.

Imam Sayuti berpendapat bahwa berbekam pada tanggal-tanggal seperti di atas memang baik sejauh menyangkut berbekam dalam keadaan sehat, tatapi jika orang yang bersangkutan sedang sakit atau sangat memerlukan perawatan dengan cepat, kita tidak harus mengikuti tanggal-tanggal tersebut.

Hal ini dicontohkan oleh orang-orang sh;oleh dahulu seperti : Imam Ahmad rh, beliau berbekam kapan saja manakala darahnya sedang membengkak. Sahabat Rasulullah SAW, Abu Musa Al Ansyari ra, berbekam diwaktu malam hari.

Sebagai seorang herbalis apalagi sebagai herbalis muslim, kita harus menolong semaksimal mungkin tanpa mengira golongan dan pangkat, dengan ilmu yang telah Allah SWT berikan kepada kita.

Berilah sentuhan-sentuhan ilahiyah serta memohon kepada-Nya, karena bekam seperti juga meminum obat hanyalah suatu cara pengobatan, sedangkan yang menyembuhkan adalah Allah SWT (Asy Syafi').

Tetapi karena bekam adalah sunnah Rasulullah SAW maka ia mempunyai rahasia dan hikmah yang luar biasa dari segi kemanjurannya. Dan bagi umat Islam yang yakin dengannya, pasti dibalik sunnah Nabi Muhammad SAW ada kebaikannya. (berbagai sumber)

Untuk Bekam Hubungi : 0813 6455 8626

Tidak ada komentar:

Posting Komentar